Tips Trik Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Situs

Paket Cloud Hosting Indonesia – Kalian semua tentunya sudah tahu bahwa sekarang ini perkembangan ekonomi digital sudah maju dengan pesat, dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dengan membangun situs online shop.

Namun bagi kalian yang baru pertama kali membangun situs, apalagi situs tersebut untuk jual beli sering kali menyepelekan kecepatan situs kalian.

Bahkan ada beberapa situs online shop yang pernah saya kunjungi loading page-nya sangat lama sekali sehingga saya kesal dan langsung klik Back.

Dan tentu saja itu tidak bagus untuk situs kita, dan tidak hanya pada situs online shop saja sebab pada situs news dan lainnya memiliki kecepatan situs yang cepat sangat amat penting.

Karena itu pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan informasi cara meningkatkan kecepatan situs kalian, dengan begitu kalian bisa mengoptimasi situs kalian lebih baik lagi.

Apa Fungsi Kecepatan Situ

Fungsi utama dari kecepatan situs ini ialah membuat calon pengunjung / pembeli di situs anda tidak menunggu lama saat akan mengakses website milik anda.

Tentu secara SEO memiliki kecepatan loading situs yang cepat sangat amat penting karena akan meningkatkan Ranking situs kita di mata Google.

Lantas dimana kita bisa melihat kecepatan situs kita? untuk mengetahui page speed situs kalian maka kalian bisa langsung cek saja pada situs GTMetrix ataupun PageSpeed Insights, sebab data yang di tunjukan situs tersebut sangat akurat.

Patokan Kecepatan Situs

Nah jika kalian sudah mengecek kecepatan situsnya maka kalian juga perlu tahu patokan atau penilaian kecepatan situs anda seperti berikut ini.

  • Kurang dari 1 detik artinya Sempurna
  • 1 sampai 3 detik artinya Bagus
  • 3 sampai 7 detik artinya Cukup Bagus
  • Lebih dari 7 detik artinya Jelek

Dengan mengetahui patokan waktu tersebut kalian bisa menyimpulkan apakah kecepatan situs kalian bagus atau justru jelek, dan jika ternyata jelek maka kalian harus melakukan optimasi kecepatan lagi.

Cara Optimasi Kecepatan Loading Situs

Tentu dengan mengetahui informasi ini akan sangat bermanfaat untuk kalian, jadi ada baiknya simak baik-baik.

Pilih Hosting Yang Tepat

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum membuild sebuah situs ialah dengan memilih hosting yang tepat, sebab jika kalian salah beli maka tentunya akan berdampak pada kecepatan situs kalian.

Agar kalian tidak salah pilih maka kalian bisa mencari paket cloud hosting indonesia di hosting Domainesia.com yang sudah saya pernah gunakan dan memang terbukti kecepatan situs akan cepat tanpa harus di optimasi terlebih dulu.

Kurangi Plugin Yang Jarang Terpakai

Tips berikutnya ialah dengan mencopot plugin yang jarang digunakan pada situs kalian, sebab dengan banyaknya plugin yang kalian gunakan maka kecepatan situs kalian juga akan semakin lamban.

Gunakan Plugin Cache

Jika kalian ingin membuat loading situs kalian jadi lebih cepat maka ada baiknya kalian gunakan Plugin Cache yang sudah banyak tersedia di menu plugin wordpress kalian seperti:

  • WP Super Cache
  • W3 Total Ccahe
  • Litespeed Cache
  • WP Fastest Cache
  • WP Rocket

Dari pengalaman saya menggunakan plugin cache yang sudah saya sebutkan diatas tadi saya rekomendasikan menggunakan Wp Rocket karena bisa meningkatkan kecepatan situs saya.

Namun sayangnya plugin Wp Rocket adalah plugin premium jadi kalian harus membeli lisensinya dulu sebelum menggunakannya, tapi jika kalian uang ingin plugin free maka bisa pilih plugin lainnya.

Minify File Javascript dan CSS

Arti Minify sendiri ialah sebiah proses menghilangkan atau menghapus karakter yang dalam script yang tidak di gunakan, jadi file script akan lebih ringan dan di perkecil ukurannya dengan begitu ruang penyimpanan akan lebih kosong dan kecepatan situs akan meningkat.

Dalam hal ini kalian bisa menggunakan plugin Autoptimize, yang mana di dalamnya terdapat fitur untuk melakukan minify pada script Javascript dan SCC di situs kalian.

Compres Ukuran Gambar

Untuk lebih mempercepat loading situs maka kalian jangan gunakan gambat dengan resolusi yang terlalu tinggi, sebab saat diakses proses render akan jauh lebih lama.

Dan sebelum kalian upload gambar untuk artikel di situs kalian maka pastikan terlebih dulu ukurannya tidak terlalu besar maksimal hanya 100kb saja, untuk memperkecil ukran resolusinya kalian bisa compres pada Photosop atau situs compres image online.

Saya harap ulasan tentang cara meningkatkan kecepatan situs diatas tadi bisa bermanfaat. Terimakasih

Leave a Comment